Pages

Sabtu, 14 November 2015

PRODUKTIVITAS PADI DI INDONESIA BELUM DAPAT MEMENUHI KEBUTUHAN PANGAN NASIONAL


Indonesia adalah negara agraris dengan kekayaan dalam bidang pertanian yang melimpah. Salah satu komoditas yang memiliki potensi besar di Indonesia adalah padi yang merupakan makanan pokok rakyat Indonesia dan juga menjadi komoditas terpenting kedua di dunia. Menurut Badan Pusat Statistik Republik Indonesia (2011), luas pertanaman padi di Indonesia adalah 13.203.643 ha dengan tingkat produksi mencapai 65.756.904 ton.
Seiring berjalan waktu, peningkatan pertumbuhan penduduk yang begitu pesat mendongkrak permintaan beras. Namun hal ini tidak diiringi dengan jumlah produktivitas padi, sehingga terjadi kelebihan permintaan beras yang mengharuskan adanya upaya untuk meningkatkan produktivitas padi di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan pangan nasional. Merujuk kepada data yang dikemukakan oleh FAO dan IRRI (International Rice Research Institute), Indonesia tercatat merupakan Negara dengan angka konsumsi beras tertinggi, yaitu sebesar 139 kilogram per tahun pada tahun 2008. Setelah tahun demi tahun angka ini tidak mengalami penurunan yang signifikan, sedangkan Malaysia telah menurunkan konsumsi ini menjadi 80 kilogram per kapita per tahun dan jepang hanya sebesar 60 kilogram per kapita per tahun.
Permasalahan yang terkait dengan produktivitas padi ini salah satunya adalah semakin banyak lahan pertanian yang dialihfungsikan menjadi
non pertanian dan penurunan produktivitas lahan pertanian. Sehingga dengan adanya permasalahan terkait produktivitas padi di Indonesia, upaya peningkatan produktivitas sangatlah diperlukan agar produksi padi dapat optimal. Upaya-upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan menerapkan teknologi produksi untuk tanaman padi yang dapat meningkatkan produktivitas padi secara optimal dan juga penilaian kesesuaian lahan agar dapat menentukan pengelolaan lahan dengan tepat untuk memenuhi kebutuhan pangan nasional, khususnya kebutuhan beras.

0 comment:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll