Pages

Jumat, 04 Desember 2015

TANAM SEBAR, INOVASI MENINGKATKAN PRODUKSI PADI












    Inovasi dengan penyebaran benih padi di lahan sawah ini memiliki keunggulan dibandingkan teknik lama, seperti penataan bibit secara berjejer. Penghematan biaya produksi dengan penerapan teknis tanam sebar berkisar Rp 2-3 juta per hektar sawah. Hal ini dikarenakan dalam sistem tanam sebar ini tidak memerlukan tenaga kerja yang banyak untuk menanam padi. Selain itu sistem tanam sebar tidak memerlukan banyak air dan bulir padi sudah akan mulai terlihat pada 40 hari setelah benih disebar. Dengan penerapan sistem tanam sebar ini dapat memperpendek umur tanaman padi 10-15 hari karena tidak memerlukan waktu yang lama untuk menyemai dan menanam.
Sistem tanam sebar ini dapat meningkatkan produktivitas padi yang semulanya 7 ton per hektar bisa mencapai 8,6 ton per hektar sawah. Selain itu, dengan sistem tanam sebar ini, dapat dilakukan 3-4 kali tanam dalam setahun.

Inovasi ini telah diterapkan di Indonesia salah satunya di Madiun, Jawa Timur. Inovasi ini akan terus dikembangkan dan disosialisasikan lebih luas lagi sebagai upaya untuk mencapai swasembada.

-Anindhia Albugis-

0 comment:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll